Artikel Terbaru:
Loading...

Kambose Makanan Khas Masyarakat Muna

Kambuse adalah makanan tradisional masyarakat Muna. Makanan ini terbuat dari biji jagung putih. Banyak orang menyebutnya dengan nasi jagung. Sayur tawar (bening) dan ikan Asin merupakan kombinasi lauk yang pas untuk menyantap nasi jagung ini (kambuse).

Cara memasaknya sangat sederhana. Kambuse sangat enak dimakan dengan sayur kelor, dan lebih enak ditambah ikan. Jagung yang dibuat menjadi kambuse, tidak perlu digiling, tetapi langsung dimasukkan dalam periuk.
Cara memasak kambuse

1. Sediakan biji jagung putih kira-kira 1 liter (jagung tidak perlu dicuci) 
2. Masukkan dalam periuk yang telah dicuci bersih dan tambahkan air seperti halnya memasak beras (tinggi permukaan kira-kira setengah jari dari permukaan biji jagung) 
3. Masaklah di atas tungku/kompor 
4. Jika airnya telah mendiri, tambahkan serbuk kapur antara 1 hingga 2 sendok makan 
5. Didihkan terus sampai air dalam biji jagung mendekati kering. Jika airnya sudah hamper kering, tambahkan lagi air hingga semua biji jagung larut dalam air. 
6. Kurangi api tungku Anda dan biarkan antara 30 menit sampai 1 jam (walaupun apinya padam, tidak masalah). Untuk yang menggunakan kompor, didihkan kembali antara 10 hingga 20 menit, kemudian biarkan sampai 1 jam. 
7. Cucilah biji jagung (saat ini sudah jadi kambuse) yang telah dimasak tadi dengan air sampai bersih. 
8. Kambuse siap dihidangkan. Bagi yang memiliki gilingan, akan lebih enak juga kalau digiling.

Cara lainnya
Biji jagung direbus dalam larutan  air kapur mendidih  selama 2-3 jam. Setelah perebusan jagung dibiarkan terendam dalam larutan kapur selama beberapa jam dan dilakukan pengadukan. Kemudian larutan kapur dibuang diganti dengan air bersih untuk dilakukan pencucian. Lakukan berulang-ulang sehingga bersih agar hilang sisa-sisa kapurnya. Setelah bersih, biji jagung ditiriskan.  Biji Jagung yang telah bersih  dicampur kacang merah(untuk meningkatkan cita rasa dan gisi) lalu dimasak sampai matang. Kambose siap disajikan bersama lauk pauk. Untuk pembuatan larutan kapur, kapur sebanyak 50 gram atau 1 genggam dilarutkan dam 10 liter air, digunakan untuk seiap 1 kg jagung.

Sumber: Naskah.Net
Bagikan Post Ini :
klik Comments
icon 0 Comments

Post a Comment

 
Visit : Twitter | Facebook | Youtube
Copyright © 2013. Halo Kendari - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Redesign By Admin
Powered by Blogger