Artikel Terbaru:
Loading...

Katumbu Gola Makanan Wajib Muna

Katumbu Gola via @TantoRaha
Selain Kambuse dan Kabuto, Katumbu juga termasuk makanan khas muna lainnya. Terbuat dari bahan jagung dan gula merah. Awalnya kupas jagung dari kulitnya dan biji jagungnya dari tongkolnya terus dikumpulkan kedalam alat tumbuk. Jangan buang kulit jagungnya karena nanti akan dipakai untuk mengukus adonan katumbu..
Biji jagung sudah banyak, kemudian ditumbuk hingga halus, setelah halus dan hancur, masukkan gula merah dan sedikit garam. Adukkan hingga merata.


Setelah jagung dan gula merah sudah tercampur dan merata, siapkan kulit jagung tadi untuk dimasukkan adonan katumbu tadi, awalnya dimasukkan ketengah-tengah kulit jagung kemudian dipelintir atau digulung hingga rapat. 

Jika selesai, masukkan jagung yang belum dikupas dan adonan katumbu kedalam dandang, jangan lupa tambahkan air. Kukus adonan hingga benar-benar masak. Setelah selesai, katumbu siap disantap.

Katumbu merupakan makanan favorit di Muna, apalagi menjelang panen jagung. Selain banyak mengandung banyak serat, jagung juga mengandung vitamin B1 dan B5 yang baik untuk tubuh. Jangan heran jika jagung merupakan makanan wajib di Muna.

Bagikan Post Ini :
klik Comments
icon 0 Comments

Post a Comment

 
Visit : Twitter | Facebook | Youtube
Copyright © 2013. Halo Kendari - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Redesign By Admin
Powered by Blogger